Pengalaman Mengikuti Nutrifood Leadership Award

NUTRIFOOD LEADERSHIP AWARD



Perjuanganku

by Aista Wisnu Putra

Tulisan ini berawal dari datangnya amplop coklat tebal berisi informasi tentang pendaftaran Nutrifood Leadership Award (NLA) yang ditujukan kepada BEM FH UNDIP. Saya sebagai ketua BEM seperti biasa mengecek surat yang masuk dan saya baca.  Saat saya baca, program dari PT. NUTRIFOOD ini terlihat menarik karena memaparkan tentang pengembangan kepemimpinan. Esoknya saya mantapkan hati untuk mendaftar melalui internet melalui web yang telah disediakan. Dalam mengisi informasi saya pastikan semua terisi lengkap dan jujur. Tak ada yang terlewat dan saya masukan pengalaman terbaik yang saya pernah rasakan. Kadang saat sampai untuk menulis essai dalam bahasa inggris saya rehat sejenak untuk memikirkan konsep dalam bahasa inggris kemudian saya lanjutkan. Selesailah form terisi.

Menunggu beberapa hari ada pengumuman bahwa saya lolos dan harus mengikuti tes selanjutnya di jogja. Hmmmm... Sekalian jalan-jalan ni... Karena ternyata teman saya dari UNNES juga lolos. Tepat sore sebelum esoknya seleksi kami berangkat naik motor. Tiba di jogja sekitar jam 22.00 WIB kami menunggu teman menjemput di gerbang UGM dan tak dinyana melihat orang membawa belanjaan bertabraka. Spontan kami langsung melihat dan sudah diselesaikan oleh satpam UGM dengan kekeluargaan dengan yang bersalah mengganti kerugian barang belanjaan yang rusak. Kemudian kami diantar di kontrakan teman kami yang kebetulan ada kamar kosong karena penghuni sedang KKN dan istirahatlah kami tanpa persiapan besok

Besoknya tes dilaksanakan di Universitas Sanata Dharma. Kami berangkat belum tahu alamat sambil sesekali bertanya dan akhirnya ketemu. Kami sarapan dulu di sekitar tempat seleksi dan memasuki tempat. Tempatnya cukup luas dengan peserta seleksi yang tak terlalu banyak. Diawal seleski dibuka secara seremonial oleh beberapa pihak dan dinaikab mood peserta oleh MC yang sangat cetarrrr.
Seleksi dimulai.. Seleksi pertama adalah mini games. Saya sekelompok bersama orang - orang hebat. Ada sekitar 6 games dan saya selalu mengamati dulu karakter teman saya lalu saya mengambil celah dimana saya bisa berkontribusi tanpa harus menjatuhkan ataupun pamer diri. Yang paling saya suka adalah ketika menyusun strategi untuk menyelamatkan diri dari terdampar di pulau. Untuk games lain sangat fun tapi tricky. Beberapa butuh pebgetahuan luas dan trik serta strategi. Lanjut ke seleksi speech. Waooow inilah yang ditunggu keringat dingin mengucur karena canggung. Namun saya tetap show must go on. Giliran maju tiba saya bersama kelompok awal namun mendapat giliran ke dua berbicara. Saya menjawab pertanyaan dengan yakin bahwa permasalahan makanan dan pertanian adalah marketing, branding dan inovasi. Saya memaparkan kebiasaan orang yang makan hanya asal kenyang tanpa memperhatikan nutrisi. Lalu sebagai pengembang produk harus jeli melihat permasalahan itu dengan membranding produk.
Seleksipun ditutup dengan foto bersama. 

Istirahat makan siang dengan menu yang sehat dan enak sambil mencari banyak kenalan. Saya kagum dan terkejut ketika saya sudah ditandai dalam foto yang diupload oleh juri saat seleksi mini games. Sempet juga ya beliau.. Sya juga kagum dengan pemilahan sampah yang dilakukan oleh panitia. Di akhir kami berkenalan dengan ketua BEM Fakuktas Peternakan UGM dan diajak mampir ke basecamp sambil bercerita. Kami pulang sorenya...ke Semarang 

Beberapa hari berikutnya keluar pengumuman lolos dan saya termasuk di dalamnya. Saya baca dan ternyata dari seleksi jogja cuma tiga yang lolos. Kami disediakan tiket pesawat untuk akomodasi..  Akhirnya untuk kedua kalinya dalam hidup naik pesawat gratis. Waktu keberangkatan kebetulan bertabrakan dengan acara saya malamnya akhirnya saya ambil flight pagi jam 6 dari Semarang menuju Jakarta. Sampai di Jakarta saya naik taksi dan di bohongi mengenai tarif taksi say membayar 275.000 rupiah padahal seharusnya 200.000 saja sudah paling mahal (setelah saya kroscek ke panitia) itupun saya bayar 300 ribu hanya dikembalikan 20 ribu. Tapi tak apalah semua akomodasi ditanggung Nutrifood.

Seleksi tulis dimulai dengan tes psikologi yang sangat menguras pikiran. Apalagi teman teman dari awal menunggu saya yang datang terlambat. Sampai selesai istirahat makan siang. Saya diperkenalkan dengan kantor PT Nutrifood yang sangat Homy dan nyaman dengan bau aromatherapy diamana - mana. Lalu kami ada sesi FGD untuk membahas program traveller ke wilayah mana yang akan dikembangkan. Saya sangat deg degan dan merasa kurang maksimal disini. Setelah itu dilaksanakan sesi foto yah saya didandani secara cetarrrr dan sesi ditutup dengan foto bersama... 
Di akhir saya pulang ke bandara bersama dua teman dari seleksi jogja. Dan satu anak UGM dari seleksi bandung.
Sungguh hari yang menyenangkan tak disangka dalam satu hari berpindah cepat dari Semarang ke Jakarta. Diperkenalkan kantor yang nyaman. Hingga seleksi di depan CEO Nutrifood bersama teman teman hebat yang sungguh melatih mental dan kreativitas berfikir.
Semoga hasil seleksi dapat memberikan yang terbaik..
Salam semangat
Inspiring Future Leader


Comments

Popular Posts